Sekretariat

TUGAS DAN FUNGSI SEKRETARIAT

  1. penyusunan rencana, program dan kegiatan Sekretariat.
  2. pemahaman ketentuan peraturan perundang-undangan yang berkaitan dengan bidang tugasnya.
  3. penyusunan bahan rumusan kebijakan pelayanan administrasi dinas, umum, kerumahtanggaan, administrasi kepegawaian, dan administrasi keuangan.
  4. pempublikasian pelaksanaan tugas dinas.
  5. pelaksanaan monitoring dan evaluasi pelaksanaan kegiatan.
  6. pelaksanaan koordinasi dengan intern unit dan dinas/instansi terkait.
  7. penyusunan laporan hasil pelaksanaan tugas.
  8. pelaksanaan fungsi lain yang diberikan oleh atasan sesuai dengan tugas dan fungsinya.
  1. Sub Bagian Penyusunan Program dan Keuangan
  2. Sub Bagian Umum dan Kepegawaian
  1. menyusun rencana, program dan kegiatan Sub Bagian Penyusunan Program dan Keuangan Dinas Koperasi, Usaha Kecil, dan Menengah Kota Bengkulu sesuai ketentuan yang berlaku agar pelaksanaan kegiatan lebih terarah dan berjalan lancar.
  2. mempelajari ketentuan peraturan perundang-undangan yang berlaku sesuai bidang tugas sebagai pedoman pelaksanaan kegiatan.
  3. menyusun rencana kegiatan bulanan, triwulan dan tahunan serta usulan perubahan dan penyesuaian anggaran sesuai ketentuan yang berlaku agar lebih terarah dan terukur.
  4. menyusun kegiatan operasional sesuai ketentuan yang berlaku untuk menerapkan kebijakan operasional dalam program pelaksanaan penyusunan program dan anggaran.
  5. melaksanakan pengumpulan dan pengolahan data, evaluasi, dan penyusunan laporan bulanan, triwulan, tahunan dan laporan Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintahan sesuai ketentuan yang berlaku untuk pertanggungjawaban pelaksanaan kegiatan Dinas Koperasi, Usaha Kecil, dan Menengah Kota Bengkulu
  6. melaksanakan pengelolaan keuangan yang meliputi perencanaan, pelaksanaan penatausahaan, pelaporan, pertanggungjawaban dan pengawasan keuangan sesuai ketentuan peraturan perundang-undangan yang berlaku agar pengelolaan keuangan berjalan tertib dan lancar.
  7. melaksanakan pengolahan gaji, tunjangan, uang lembur dan Taspen pegawai sesuai aturan perundang-undangan yang berlaku untuk kelancaran penerima gaji, tunjangan, uang lembur dan taspen pegawai.
  8. melakukan penghitungan, penagihan, penyetoran PPn/PPh sesuai ketentuan yang berlaku agar penyetoran PPn/PPh dapat dilaksanakan tepat pada waktunya.
  9. melayani pemeriksaan keuangan Dinas Koperasi, Usaha Kecil, dan Menengah Kota Bengkulu oleh aparatur pengawas fungsional sesuai ketentuan yang berlaku agar pemeriksaan berjalan lancar.
  10. melaksanakan monitoring dan evaluasi pelaksanaan kegiatan Sub Bagian Penyusunan Program dan Keuangan sesuai ketentuan yang berlaku agar pelaksanaan tugas lebih berkualitas.
  11. menyiapkan bahan koordinasi dengan unit kerja/instansi terkait sesuai ketentuan yang berlaku agar pelaksanaan koordinasi berjalan lancar.
  12. menyusun laporan hasil pelaksanaan tugas Sub Bagian Penyusunan Program dan Keuangan sesuai ketentuan yang berlaku sebagai pertanggungjawaban pelaksanaan.kegiatan.
  13. melaksanakan tugas lain yang diberikan oleh atasan sesuai dengan bidang tugasnya agar pelaksanaan tugas berjalan lancar.
    1. menyusun rencana, program dan kegiatan Sub Bagian Umum dan Kepegawaian sesuai ketentuan yang berlaku agar pelaksanaan kegiatan lebih terarah dan berjalan lancar.
    2. mempelajari ketentuan peraturan perundang-undangan yang berlaku sesuai dengan bidang tugas sebagai pedoman pelaksanaan kegiatan.
    3. mengelola ketatausahaan naskah dinas meliputi : penerimaan, pendistribusian, ekspedisi, pengadministrasian, pengarsipan surat masuk dan keluar sesuai ketentuan yang berlaku untuk menunjang tertib administrasi.
    4. mengelola urusan rumah tangga Dinas Koperasi, Usaha Kecil, dan Menengah Kota Bengkulu meliputi : keprotokolan, dokumentasi, kebersihan, ketertiban, kenyamanan, tata ruang, pemeliharaan barang sesuai ketentuan yang berlaku agar pelaksanaan urusan rumah tangga berjalan baik.
    5. mengolah data/ informasi/ statistik yang berkaitan dengan Dinas Koperasi, Usaha Kecil, dan Menengah Kota Bengkulu sesuai ketentuan yang berlaku agar pelaksanaan urusan penyiapan data/ informasi/ statistik berjalan baik.
    6. mengelola urusan kepegawaian Dinas Koperasi, Usaha Kecil, dan Menengah Kota Bengkulu meliputi:
    • melaksanakan penatausahaan administrasi pegawai.
    • mengelola pengangkatan, kenaikan pangkat, gaji berkala, sumpah pegawai,  ujian dinas, promosi, mutasi, penghargaan, pemberhentian, pensiun.
    • mengusulkan pembuatan Kartu Taspen, Karpeg, Karis, Karsu.
    • membuat Daftar Urut Kepangkatan dan SKP pegawai OPD sesuai ketentuan yang berlaku agar pelaksanaan kegiatan berjalan lancar.
    1. mengolah daftar hadir pegawai sesuai ketentuan yang berlaku untuk melihat tingkat kedisiplinanan pegawai.
    2. menyiapkan penyelenggaraan pengadaan barang sesuai ketentuan yang berlaku untuk menunjang kelancaran pelaksanaan tugas.
    3. menyimpan barang di tempat tertentu menurut berat, ukuran jenis, sifat serta frekuensi penggunaan sesuai ketentuan yang berlaku untuk menjaga dari kerusakan.
    4. melakukan administrasi pengelolaan dan inventaris barang sesuai ketentuan yang berlaku untuk tertib administrasi barang.
    5. melakukan pemeliharaan dan perawatan barang inventaris sesuai  ketentuan yang berlaku agar barang tetap berfungsi dengan baik.
    6. melakukan penelitian secara fisik terhadap status barang inventaris dan perubahan status barang inventaris sesuai ketentuan untuk melihat kelayakan barang.
    7. melaksanakan monitoring dan evaluasi pelaksanaan kegiatan Sub Bagian Umum dan Kepegawaian  sesuai ketentuan yang berlaku agar pelaksanaan tugas lebih berkualitas.
    8. menyiapkan bahan koordinasi dengan unit kerja/instansi terkait sesuai ketentuan yang berlaku agar pelaksanaan koordinasi berjalan lancar.
    9. menyusun laporan hasil pelaksanaan tugas Sub Bagian Umum dan Kepegawaian sesuai ketentuan yang berlaku sebagai pertanggungjawaban pelaksanaan.kegiatan.
    10. melaksanakan tugas lain yang diberikan oleh atasan sesuai dengan bidang tugasnya agar pelaksanaan tugas berjalan lancar.