Bidang Koperasi

TUGAS DAN FUNGSI BIDANG KOPERASI

  1. penyusunan rencana, program dan kegiatan bidang Koperasi.
  2. pemahaman ketentuan peraturan perundang-undangan yang berkaitan dengan bidang tugasnya.
  3. penyusunan bahan perumusan kebijakan pembinaan kelembagaan, bina usaha dan permodalan koperasi, serta jaringan usaha koperasi.
  4. penyusunan bahan rumusan sasaran pelaksanaan tugas pengkoordinasian, pembinaan dan pengawasan kebijakan di bidang koperasi dengan bidang lain di Dinas Koperasi, Usaha Kecil dan Menengah.
  5. peningkatan kualitas SDM terhadap pengurus, pengawas dan anggota Koperasi.
  6. peningkatan peran serta masyarakat dalam mengembangkan permodalan, pemasaran dan jaringan usaha koperasi.
  7. pelaksanaan kegiatan penilaian klasifikasi koperasi berprestasi dan penilaian kesehatan koperasi.
  8. pelaksanaan monitoring dan evaluasi pelaksanaan tugas.
  9. pelaksanakan koordinasi dengan dinas instansi teknis dan melaksanakan konsultasi dengan Kementrian Koperasi dan UKM Republik Indonesia.
  10. pelaksanaan koordinasi dengan intern unit dan dinas/instansi terkait.
  11. penyusunan laporan hasil pelaksanaan tugas.
  12. pelaksanaan fungsi lain yang diberikan oleh atasan sesuai dengan tugas dan fungsinya
  1. Seksi Kelembagaan Koperasi
  2. Seksi Permodalan Koperasi
  3. Seksi Jaringan Usaha Koperasi
  1. menyusun rencana, program dan kegiatan Seksi Kelembagaan Koperasi, sesuai ketentuan yang berlaku agar pelaksanaan kegiatan lebih terarah dan berjalan lancar.
  2. mempelajari ketentuan peraturan perundang-undangan yang berlaku sesuai dengan bidang tugas sebagai pedoman pelaksanaan kegiatan.
  3. menyiapkan bahan rumusan kebijakan di bidang kelembagaan koperasi sesuai ketentuan yang berlaku untuk kelancaran penyusunan rumusan.
  4. melaksanakan bimbingan teknis peningkatan SDM terhadap perangkat organisasi koperasi sesuai ketentuan yang berlaku untuk meningkatkan pengetahuan.
  5. memberikan bimbingan, penyuluhan dan petunjuk kepada masyarakat tentang pendirian, penggabungan, dan peleburan koperasi sesuai ketentuan yang berlaku untuk meningkatkan pemahaman masyarakat tentang pendirian, penggabungan, maupun peleburan dan pembubaran koperasi.
  6. memfasilitasi dan memverifikasi persyaratan badan hukum koperasi, perubahan anggaran dasar, serta pembubaran koperasi tidak aktif sesuai ketentuan yang berlaku agar koperasi memiliki status hukum yang jelas.
  7. membina koperasi dalam pelaksanaan Rapat Anggota Tahunan sesuai ketentuan yang berlaku untuk meningkatkan pengetahuan dan kemampuan kerja.
  8. menyiapkan data keragaman koperasi dan Nomor Induk Koperasi sesuai ketentuan yang berlaku sebagai bahan pelaksanaan kegiatan.
  9. menyiapkan bahan penilaian koperasi berprestasi dan penilaian kesehatan koperasi sesuai ketentuan yang berlaku untuk menentukan koperasi terbaik.
  10. memfasilitasi perizinan pembukaan kantor cabang, cabang pembantu dan kantor kas koperasi simpan pinjam untuk koperasi dengan wilayah keanggotaan dalam Daerah Kota Bengkulu sesuai ketentuan yang berlaku agar pelaksanaan perizinan berjalan lancar.
  11. melaksanakan monitoring dan evaluasi pelaksanaan kegiatan Seksi Kelembagaan Koperasi sesuai ketentuan yang berlaku agar pelaksanaan tugas lebih berkualitas.
  12. menyiapkan bahan koordinasi dengan unit kerja/instansi terkait sesuai ketentuan yang berlaku agar pelaksanaan koordinasi berjalan lancar.
  13. menyusun laporan hasil pelaksanaan tugas Seksi Kelembagaan Koperasi sesuai ketentuan yang berlaku sebagai pertanggungjawaban pelaksanaan.kegiatan.
  14. melaksanakan tugas lain yang diberikan oleh atasan sesuai dengan bidang tugasnya agar pelaksanaan tugas berjalan lancar.
  1. menyusun rencana, program dan kegiatan Seksi Permodalan Koperasi, sesuai ketentuan yang berlaku agar pelaksanaan kegiatan lebih terarah dan berjalan lancar.
  2. mempelajari ketentuan peraturan perundang-undangan yang berlaku sesuai bidang tugas sebagai pedoman pelaksanaan kegiatan.
  3. menyiapkan bahan rumusan kebijakan di bidang permodalan koperasi sesuai ketentuan yang berlaku untuk kelancaran penyusunan rumusan.
  4. menyusun pedoman serta petunjuk teknis dalam rangka pengembangan permodalan koperasi sesuai ketentuan yang berlaku sebagai pedoman pelaksanaan tugas.
  5. melakukan pembinaan serta upaya fasilitasi permodalan koperasi sesuai ketentuan yang berlaku untuk meningkatkan permodalan koperasi.
  6. melakukan pengaturan penerapan perjanjian permodalan koperasi sesuai ketentuan yang berlaku untuk ketepatan pengembalian modal.
  7. melaporkan seluruh bantuan atau fasilitas yang diterima oleh koperasi dari pemerintah sesuai ketentuan yang berlaku agar pelaksanaan kegiatan berjalan lancar.
  8. melaksanakan koordinasi dengan instansi terkait termasuk lembaga perbankan dan non perbankan di Kota Bengkulu sesuai ketentuan dalam rangka pembinaan usaha koperasi.
  9. melakukan pembinaan, bimbingan dan pelaporan fasilitas permodalan yang diterima oleh koperasi sesuai dengan peraturan yang berlaku agar laporan lebih akuntabel.
  10. membantu menyusun petunjuk operasional permodalan koperasi sesuai ketentuan yang berlaku sebagai pedoman pelaksanaan tugas.
  11. memberikan fasilitasi pembiayaan dan penjaminan kredit koperasi sesuai ketentuan yang berlaku untuk pengembangan usahan koperasi.
  12. memantau, menganalisa serta mengevaluasi kegiatan fasilitasi permodalan koperasi sesuai ketentuan yang berlaku agar kegiatan lebih berkualitas.
  13. melaksanakan monitoring dan evaluasi pelaksanaan kegiatan Seksi Permodalan Koperasi sesuai ketentuan yang berlaku agar pelaksanaan tugas lebih berkualitas.
  14. menyiapkan bahan koordinasi dengan unit kerja/instansi terkait sesuai ketentuan yang berlaku agar pelaksanaan koordinasi berjalan lancar.
  15. menyusun laporan hasil pelaksanaan tugas Seksi Permodalan Koperasi sesuai ketentuan yang berlaku sebagai pertanggungjawaban pelaksanaan.kegiatan.
  16. melaksanakan tugas lain yang diberikan oleh atasan sesuai dengan bidang tugasnya agar pelaksanaan tugas berjalan lancar.
  1. menyusun rencana, program dan kegiatan Seksi Jaringan Usaha Koperasi, sesuai ketentuan yang berlaku agar pelaksanaan kegiatan lebih terarah dan berjalan lancar.
  2. mempelajari ketentuan peraturan perundang-undangan yang berlaku sesuai bidang tugas sebagai pedoman pelaksanaan kegiatan.
  3. menyiapkan bahan rumusan kebijakan di bidang jaringan usaha koperasi sesuai ketentuan yang berlaku untuk kelancaran penyusunan rumusan.
  4. memfasilitasikan kegiatan temu usaha dan temu konsultasi dalam rangka kegiatan kemitraan koperasi untuk meningkatkan usaha koperasi sesuai ketentuan yang berlaku untuk meningkatkan daya beli konsumen terhadap produk usaha kecil.
  5. memberikan informasi peluang pasar, informasi peluang berusaha bagi koperasi dan memfasilitasi pameran promosi produk koperasi dalam dan luar daerah Provinsi Bengkulu sesuai ketentuan yang berlaku untuk meningkatkan peluang usaha.
  6. memberikan standarisasi kemitraan, merk, pameran dan bazar sesuai ketentuan yang berlaku untuk meningkatkan peluang usaha.
  7. melakukan pembinaan dan pengembangan jaringan usaha di sektor perikanan, kelautan, peternakan dan pertanian sesuai ketentuan yang berlaku untuk meningkatkan peluang usaha.
  8. melakukan pengembangan sentra usaha koperasi sesuai ketentuan yang berlaku untuk meningkatkan peluang usaha.
  9. melakukan pembinaan pasar-pasar tradisional yang dilakukan koperasi sesuai ketentuan yang berlaku untuk meningkatkan pengetahuan dan pemahaman peserta pembinaan.
  10. memfasilitasi dan memonitor bantuan sarana dan prasarana sesuai ketentuan yang berlaku agar lebih tepat sasaran.
  11. melaksanakan monitoring dan evaluasi pelaksanaan kegiatan Seksi Jaringan Usaha Koperasi sesuai ketentuan yang berlaku agar pelaksanaan tugas lebih berkualitas.
  12. melaksanakan koordinasi dengan instansi terkait termasuk lembaga perbankan dan non perbankan di Kota Bengkulu sesuai ketentuan yang berlaku dalam rangka pembinaan usaha koperasi.
  13. melakukan koordinasi promosi produk unggulan koperasi sesuai ketentuan yang berlaku agar pelaksanaan koordinasi berjalan lancar.
  14. menyusun laporan hasil pelaksanaan tugas Seksi Jaringan Usaha Koperasi sesuai ketentuan yang berlaku sebagai  pertanggungjawaban pelaksanaan.kegiatan.
  15. melaksanakan tugas lain yang diberikan oleh atasan sesuai dengan bidang tugasnya agar pelaksanaan kegiatan berjalan lancar.