Bidang Usaha Kecil

TUGAS DAN FUNGSI BIDANG USAHA KECIL

  1. penyusunan rencana, program dan kegiatan Bidang Usaha Kecil.
  2. pemahaman ketentuan peraturan perundang-undangan yang berkaitan dengan bidang tugasnya.
  3. penyusunan bahan perumusan kebijakan di bidang usaha kecil.
  4. pelaksanaan bimbingan teknis di bidang pengembangan  Usaha permodalan dan kelembagaan usaha kecil.
  5. pelaksanaan pengembangan wirausaha baru di Kota Bengkulu.
  6. pelaksanaan pengembangan pemanfaatan sebagian laba Badan Usaha Milik Negara bagi usaha kecil.
  7. pelaksanaan pengembangan sentral produksi ciri khas daerah melalui pengembangan produk andalan daerah.
  8. pengupayaan jaringan usaha kecil untuk melaksanakan pemasaran hasil produk usaha kecil baik langsung maupun melalui media masa.
  9. pengupayaan peningkatan tampilan hasil produk dan perizinan bagi usaha kecil.
  10. pelaksanaan monitoring dan evaluasi pelaksanaan tugas.
  11. pelaksanakan koordinasi dengan dinas instansi teknis dan melaksanakan konsultasi dengan Kementrian Koperasi dan UKM Republik Indonesia.
  12. penyiapan bahan koordinasi dan konsultasi dengan Kementrian Koperasi dan UKM Republik Indonesia dalam rangka Program pembedayaan dan pembinaan Usaha Kecil.
  13. pelaksanaan koordinasi dengan intern unit dan dinas/instansi terkait.
  14. penyusunan laporan hasil pelaksanaan tugas.
  15. pelaksanaan fungsi lain yang diberikan oleh atasan sesuai dengan tugas dan fungsinya.
  1. Seksi Pengembangan dan Restrukturisasi Usaha Kecil.
  2. Seksi Permodalan Usaha Kecil.
  3. Seksi Produksi dan Pemasaran Usaha Kecil.
  1. menyusun rencana, program dan kegiatan Seksi Pengembangan dan Restrukturisasi Usaha Kecil, sesuai  ketentuan yang berlaku agar pelaksanaan kegiatan lebih terarah dan berjalan lancar.
  2. mempelajari ketentuan peraturan perundang-undangan yang berlaku sesuai bidang tugas sebagai pedoman pelaksanaan kegiatan.
  3. menyiapkan bahan perumusan kebijakan Pengembangan dan Restrukturisasi Usaha Kecil sesuai ketentuan yang berlaku untuk kelancaran penyusunan rumusan.
  4. mengelola data kegiatan pembinaan usaha kecil sesuai ketentuan yang berlaku sebagai bahan pelaksanaan kegiatan.
  5. memfasilitasi kerjasama antara usaha kecil, badan usaha milik swasta, Badan Usaha Milik Negara sesuai ketentuan yang berlaku agar pelaksanaan kerja sama sesuai dengan tujuan.
  6. melaksanakan bimbingan teknis manajemen kepada pelaku usaha kecil sesuai ketentuan  yang berlaku untuk meningkatkan kwalitas usaha kecil.
  7. memfasilitasi usaha kecil dengan membentuk sentra-sentra produksi sesuai ketentuan yang berlaku agar usaha kecil dapat mengembangkan pemasaran hasil produksinya.
  8. mengembangkan fungsi fasilitator dan penyediaan layanan Bisnis Devlopment Service/ Lembaga Layanan Pembinaan Bisnis/ Inkubator Bisnis dan Teknologi sesuai ketentuan yang berlaku untuk meningkatkan kualitas layanan.
  9. memfasilitasi Usaha Kecil untuk kemudahan mendapatkan tempat usaha yang layak, perizinan dan perlindungan sesuai ketentuan yang berlaku untuk meningkatkan pelayanan.
  10. memotivasi Usaha kecil dalam pemanfaatan teknologi melalui keunggulan kompetitif yang berbasis teknologi sesuai ketentuan yang berlaku untuk meningkatkan kualitas hasil produksi Usaha
  11. memfasilitasi temu kemitraan terhadap perbankan dan BUMN sesuai ketentuan yang berlaku agar kegiatan kemitraan berjalan dengan lancar.
  12. memfasilitasi terbentuknya asosiasi usaha kecil sesuai ketentuan yang berlaku agar kegiatan asosiasi berjalan lancar.
  13. melaksanakan pembinaan dan bimbingan teknis para pelaku usaha kecil sesuai ketentuan yang berlaku untuk meningkatkan pemahaman dan pengetahuan pelaku usaha kecil.
  14. melakukan pembinaan usaha kecil melalui kemitraan perizinan dan peningkatan sumber daya manusia menurut ketentuan yang berlaku untuk meningkatkan kualitas usaha kecil.
  15. memfasilitas para pelaku Usaha Mikro Kecil sesuai ketentuan yang berlaku untuk memperkuat jaringan usaha kecil melalui pusat layanan usaha terpadu usaha mikro kecil.
  16. melaksanakan monitoring dan evaluasi pelaksanaan kegiatan Seksi Pengembangan dan Restrukturisasi Usaha Kecil sesuai ketentuan yang berlaku agar pelaksanaan tugas lebih berkualitas.
  17. menyiapkan bahan koordinasi dengan unit kerja/instansi terkait sesuai ketentuan yang berlaku agar pelaksanaan koordinasi berjalan lancar.
  18. menyusun laporan hasil pelaksanaan tugas Seksi Pengembangan dan Restrukturisasi Usaha Kecil sesuai ketentuan yang berlaku  sebagai  pertanggungjawaban pelaksanaan.kegiatan.
  19. melaksanakan tugas lain yang diberikan oleh atasan sesuai dengan bidang tugasnya agar pelaksanaan tugas berjalan lancar.
  1. menyusun menyusun rencana, program dan kegiatan Seksi Permodalan Usaha Kecil, sesuai ketentuan yang berlaku agar pelaksanaan kegiatan lebih terarah dan berjalan lancar.
  2. mempelajari ketentuan peraturan perundang-undangan yang berlaku sesuai bidang tugas sebagai pedoman pelaksanaan kegiatan.
  3. menyiapkan bahan perumusan kebijakan Permodalan Usaha Kecil sesuai ketentuan yang berlaku untuk kelancaran penyusunan rumusan.
  4. memfasilitasi usaha kecil mendapatkan modal, baik dari perbankan maupun pihak pemerintah sesuai dengan peraturan perundangan yang berlaku untuk pemberian permodalan bagi usaha kecil.
  5. melakukan pembinaan pelaksanaan kegiatan permodalan usaha kecil sesuai ketentuan yang berlaku untuk menguatkan permodalan usaha kecil.
  6. melakukan pemberdayaan Usaha Kecil melalui program penjaminan dan mendorong peran asuransi kredit dan lembaga penjaminan kredit lainnya sesuai ketentuan yang berlaku agar usaha kecil dapat meningkatkan dan mengembangkan usaha produksinya.
  7. melaksanakan pengembangan pemanfaatan sebagai laba Badan Usaha Milik Negara bagian Usaha Kecil sesuai ketentuan yang berlaku untuk mendukung permodalan usaha Kecil.
  8. memfasilitasi Usaha Kecil dalam mendapatkan sumber pembiayaan Modal Bergulir sesuai ketentuan yang berlaku agar Usaha Kecil dapat meningkatkan dan mengembangkan usaha produksinya.
  9. melakukan pendistribusian informasi bisnis Usaha kecil sesuai ketentuan yang berlaku agar Usaha Kecil memiliki informasi bisnis yang akurat.
  10. memfasilitasi peran serta perusahaan modal ventura sesuai ketentuan yang berlaku untuk mendukung permodalan Usaha Kecil.
  11. melaksanakan monitoring dan evaluasi pelaksanaan kegiatan Seksi Permodalan Usaha Kecil sesuai ketentuan yang berlaku agar pelaksanaan tugas lebih berkualitas.
  12. menyiapkan bahan konsultasi dengan lembaga perbankan dan lembaga keuangan non perbankan sesuai ketentuan yang berlaku agar konsultasi berjalan lancar.
  13. menyiapkan bahan koordinasi dengan unit kerja/instansi terkait sesuai ketentuan yang berlaku agar pelaksanaan koordinasi berjalan lancar.
  14. menyusun laporan hasil pelaksanaan tugas Seksi Permodalan Usaha Kecil sesuai ketentuan yang berlaku sebagai  pertanggungjawaban pelaksanaan.kegiatan.
  15. melaksanakan tugas lain yang diberikan oleh atasan sesuai dengan bidang tugasnya agar pelaksanaan tugas berjalan lancar.
  1. menyusun menyusun rencana, program dan kegiatan Seksi Produksi dan Pemasaran Usaha Kecil, sesuai ketentuan yang berlaku agar pelaksanaan kegiatan lebih terarah dan berjalan lancar.
  2. mempelajari ketentuan peraturan perundang-undangan yang berlaku sesuai bidang tugas sebagai pedoman pelaksanaan kegiatan.
  3. menyiapkan bahan perumusan kebijakan Produksi dan Pemasaran Usaha Kecil sesuai ketentuan yang berlaku untuk kelancaran penyusunan rumusan.
  4. memfasilitasi usaha kecil dalam pembuatan Hak Paten, Hak Cipta, dan Lisensi, Desain Industri, Merek dan Rahasia Dagang sesuai dengan aturan yang berlaku agar usaha kecil memiliki legalitas usaha.
  5. memfasilitasi usaha kecil dalam pembuatan legalitas Halal sesuai ketentuan yang berlaku agar usaha kecil mendapat kepercayaan konsumen.
  6. membantu mempromosikan produk Usaha Kecil kedalam dan luar daerah (Tingkat Nasional) sesuai ketentuan yang berlaku untuk mengembangkan jangkauan usaha.
  7. memfasilitasi promosi produk-produk Usaha Kecil dengan pihak lainnya sesuai ketentuan yang berlaku untuk meningkatkan daya beli konsumen terhadap produk Usaha Kecil.
  8. memfasiliatsi usaha kecil dalam mendapatkan dan memanfaatkan sarana dan prasarana sesuai ketentuan yang berlaku untuk meningkatkan kelancaran dan kualitas produksi Usaha Kecil.
  9. melaksanakan monitoring dan evaluasi pelaksanaan kegiatan Seksi Produksi dan Pemasaran Usaha Kecil sesuai ketentuan yang berlaku agar pelaksanaan tugas lebih berkualitas.
  10. menyiapkan bahan koordinasi dengan unit kerja/instansi terkait sesuai ketentuan yang berlaku agar pelaksanaan koordinasi berjalan lancar.
  11. menyusun laporan hasil pelaksanaan tugas Seksi Produksi dan Pemasaran Usaha Kecil sesuai ketentuan yang berlaku sebagai  pertanggungjawaban pelaksanaan.kegiatan.
  12. melaksanakan tugas lain yang diberikan oleh atasan sesuai dengan bidang tugasnya agar pelaksanaan tugas berjalan lancar.